Sabtu, 22 Mei 2010

CANON in D , mengenal lebih dekat dengan sang komposer Johann Pachelbel



semua pasti pernah mendengar simponi indah karya Johann Pachelbel ini, tapi mungkin masih jarang yang mengenal sang pencipta dan sejarah tentang simponi ini sendiri. karena lagu ini merupakan lagu yang indah banget, ane pikir gak ada salahnya kita coba tengok sejarahnya.

Adalah Johann Pachelbel seorang komponis asal jerman yang lahir pada tahun 1653.

pachelbel adalah kerabat dari keluarga bach yang tak lain dan tak bukan adalah keluarga dari komponis ternama Johann sebastian bach.

Pachelbel kecil belajar musik pertama kali pada instruktur anjuran ayahnya , yakni heinrich schewmmer . Pachelbel tidak hanya jagoan di musik rupanya gan, tapi dia juga pintar di tempat kuliahnya . 

pachelbel menikah dua kali dan dikaruniai tiga putra.

Pachelbel menulis Canon In D pada tahun 1680. dan ane rasa dia gag pernah membayangkan kalau karya nya itu akan bertahan ratusan tahun dan menjadi favorit banyak orang dan seniman serta musikus dunia.

Canon in D menjadi inspirasi, di aransemen ulang dan di bawakan dalam berbagai macam versi. Sungguh sebuah maha karya yang luar biasa dimana simponi ini tetap indah terdengar walaupun itu dibawakan dalam aransemen rock sekalipun dengan efek distorsi gitar. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar